Rekomendasi EUR/USD 11 Agustus 2022: Naik Tajam Setelah Keluar Data Inflasi AS

517

(Vibiznews – Forex) EUR/USD naik ke arah 1.0250 dalam perdagangan sesi Eropa pada hari Rabu sebelum keluarnya data inflasi AS bulan Juli. Setelah keluar data inflasi AS bulan Juli, EUR/USD berhasil mengumpulkan momentum bullish-nya dan mencapai level tertingginya dalam satu bulan di atas 1.0300 di sekitar 1.0330, dengan dollar AS tetap berada di bawah tekanan jual yang konstan.

Pasangan matauang EUR/USD naik membumbung tinggi setelah keluarnya angka data inflasi AS. Data inflasi Consumer Price Index (CPI) AS bulan Juli muncul tidak berubah dari angka di bulan Juni, dan secara basis tahunan naik 8.5%. Pasar memperkirakan angka CPI naik sebesar 8.7% Y/Y setelah kenaikan sebesar 9.1% pada laporan bulan Juni. Sementara angka Core CPI yang mengeluarkan harga makanan dan energi, tetap stabil di 5.9%, lebih baik daripada yang diperkirakan di 6.1%.

Pada perdagangan sebelum pembukaan, saham – saham AS naik membumbung tinggi karena berita inflasi AS ini dengan DJIA naik lebih dari 400 poin. Sementara yields obligasi pemerintah AS terjun dan dollar AS tumbang dengan para partisipan pasar sekarang memperhitungkan dalam harga Federal Reserve yang kurang agresif.

Meskipun Reuters melaporkan sebelumnya bahwa pasar uang di zona euro saat ini telah sepenuhnya memperhitungkan dalam harga kenaikan tingkat bunga sebesar 50 bps dalam pertemuan European Central Bank (ECB) pada bulan September, matauang bersama Eropa tetap mengalami kesulitan untuk mendapatkan permintaan.  Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan sebelumnya bahwa outlook ekonomi Jerman kelihatannya rentan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0310  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0280 dan kemudian 1.0240. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0360 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0395 dan kemudian 1.0440.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.