Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Naik Mencermati Data dan Petumbuhan Ekonomi

371
Foto : Fanya/Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat, dengan investor mencermati arah kebijakan moneter dan pertumbuhan ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,16%, dengan sebagian besar bursa utama di wilayah positif. Sektor menunjukkan gambaran yang lebih beragam, dengan saham perjalanan dan liburan naik 3,9% sementara saham ritel turun 0,4%.

Indeks FTSE berakhir naik 0,47%. Indeks DAX ditutup meningkat 0,74%. Indeks CAC berakhir naik 0,14%.

Indeks blue chip Eropa menutup sesi Kamis di wilayah beragam, dengan saham Eropa telah dipandu sepanjang minggu sebagian besar oleh poin data utama dari AS dan banjir laporan pendapatan perusahaan.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan kertas dan kemasan Inggris Mondi naik lebih dari 11% untuk memimpin Stoxx 600 setelah setuju untuk menjual bisnis Rusianya seharga $1,56 miliar.

Raksasa energi Jerman Uniper naik hampir 10% setelah menyarankan untuk mulai menggunakan gas AS sebagai pengganti gas alam cair (LNG) yang didapat dari Woodside Australia, untuk meningkatkan pasokan ke Eropa selama musim dingin.

Di bagian bawah indeks, perusahaan sistem pengereman kereta api Jerman Knorr Bremse merosot 11% menyusul laporan pendapatannya.

Perdagangan yang hati-hati mengikuti sesi berombak di Wall Street pada hari Kamis yang melihat Dow dan S&P 500 ditutup mendekati datar setelah melepaskan reli jangka pendek di belakang laporan inflasi positif lainnya yang menunjukkan penurunan bulanan harga produsen.

Saham AS diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari Jumat.

Investor di Eropa mencerna banyak rilis data ekonomi pada hari Jumat, termasuk pembacaan awal PDB kuartal kedua Inggris, inflasi Juli yang dicetak dari Prancis, Spanyol dan Italia, dan produksi industri zona euro untuk Juni.

Ekonomi Inggris mengalami kontraksi pada kuartal kedua 2022 karena krisis biaya hidup negara itu melanda. Angka resmi yang diterbitkan Jumat menunjukkan bahwa produk domestik bruto (PDB) menyusut 0,1% kuartal ke kuartal dalam tiga bulan kedua tahun ini, kurang dari kontraksi 0,3% yang diperkirakan oleh para analis.

Yang juga dicermati investor adalah data inflasi AS yang lebih dingin dari perkiraan pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data ekonomi kawasan Eropa, data ekonomi AS dan Cina, juga pergerakan bursa Wall Street.