Rekomendasi Emas 12 Agustus 2022: Turun karena Melemahnya Inflasi AS

418

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis setelah keluarnya laporan inflasi AS yang lain yaitu Producer Price Index bulan Juli yang tidak sepanas seperti yang diperkirakan pasar. Hal ini telah mengangkat naik minat terhadap resiko dari para trader dan investor pada paruh kedua dari minggu ini dan ini adalah faktor yang negatip untuk emas.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $3.70 ke $1,788.70 per troy ons. Perak berjangka kontrak bulan September turun $0.232 ke $20.50 per ons.

Pasar saham global kebanyakan mendatar dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah menguat pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko sedikit meningkat pada akhir dari minggu ini setelah munculnya laporan Consumer Price Index AS bulan Juli yang sedikit lebih lemah daripada yang diperkirakan sebesar 8.5% per tahun. Angka ini angka yang panas namun tidak sepanas seperti yang diperkirakan.

Minat terhadap resiko meningkat juga dengan turunnya angka Producer Price Index (PPI) dimana hal ini memicu spekulasi di pasar bahwa tekanan inflasi kemungkinan sudah memuncak dan akan menjadi tren turun bulanan pada bulan – bulan yang akan datang.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya harga minyak mentah WTI dan diperdagangkan disekitar $92 dan turunnya indeks dollar AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,776 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,769 dan kemudian $1,750.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,805 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,825 dan kemudian $1,850.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido