UPDATE Rekomendasi GBP/USD 12 Agustus 2022: Turun karena Menguatnya USD

257
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan turun jauh di teritori negatip di sekitar 1.2127 selama jam perdagangan sesi AS pada hari Jumat. Dengan Consumer Sentiment Survey dari UoM menunjuk kepada sedikit kenaikan dalam outlook inflasi jangka panjang, indeks dollar AS memperpanjang rally yang menunjukkan kekuatan dollar AS secara luas.

GBP/USD berada di bawah tekanan bearish dan turun ke bawah 1.2200 pada jam perdagangan sesi Eropa hari Jumat dan melanjutkan penurunannya mendekati 1.2100 pada jam perdagangan sesi AS karena menguatnya dollar AS secara luas.

Pada hari Jumat indeks dolar AS berhasil menghentikan penurunannya dan diperdagangkan naik, meskipun secara mingguan masih mencetak kerugian dengan indeks dolar AS berada di level 105.60. Naiknya indeks dolar AS terjadi disebabkan karena aksi ambil untung sekalipun yields AS menurun.

Office for National Statistics (ONS) Inggris pada hari Jumat melaporkan bahwa ekonomi Inggris di kuartal ke dua terkontraksi sebesar 0.1% secara kuartalan, namun bertumbuh 2.9% secara tahunan. Kedua angka ini sedikit lebih baik daripada yang diperkirakan pasar, namun Poundsterling Inggris gagal menarik perhatian investor. Ditambah lagi ONS mengumumkan bahwa Industrial Production dan Manufacturing Production Inggris turun 0.9% dan 1.6% secara basis bulanan pada bulan Juni.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.2115 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2100 dan kemudian 1.2075. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2140 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2170 dan kemudian 1.2200.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido