Rekomendasi Emas 16 Agustus 2022: Turun karena Buruknya Data Ekonomi Cina

511

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Senin, karena keprihatinan terhadap permintaah emas setelah sekumpulan data makro ekonomi yang lemah dari Cina mendominasi pasar dengan ketakutan.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $24.10 ke $1,779.90 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September turun $0.493 ke $20.205 per ons.

Memulai minggu perdagangan yang baru, keengganan terhadap resiko meningkat setelah bank sentral Cina tanpa terduga mengumumkan menurunkan tingkat bunganya dan menambah likuiditas ke sistem keuangan Cina setelah negara ini melaporkan beberapa data ekonomi yang buruk.

Data output factory, investasi, belanja konsumen dan real estate Cina semuanya melemah pada bulan Juli. Kabar buruk dari perekonomian Cina menambah ketakutan terhadap resesi ekonomi global. Restriksi karena Covid dan pasar properti Cina yang bermasalah telah membuat ekonomi Cina goyah pada bulan – bulan belakangan ini.

Harga komoditas mentah lainnya pada hari Senin juga terpukul oleh berita dari Cina ini, yang dipimpin oleh kejatuhan yang besar dalam harga minyak mentah.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turun tajamnya harga minyak mentah WTI dan saat ini diperdagangkan di sekitar $88.00 per barel. Sementara indeks dollar AS naik solid pada awal perdagangan sesi AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,769 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,759 dan kemudian $1,750.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,794 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,805 dan kemudian $1,814.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido