Rekomendasi EUR/USD 16 Agustus 2022: Berhasil Menghapus Sebagian Kecil Kerugiannya.

439

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil menghapus sedikit porsi kerugian hariannya pada awal perdagangan sesi AS setelah NY Fed Empire State Manufacturing Index meleset dari perkiraan pasar dalam jumlah margin yang besar. Pasangan matauang ini tetap berada pada teritori negatip dekat 1.0200 di sekitar 1.0173 di tengah keengganan terhadap resiko.

Dollar AS mengalami mode pemulihan pada permulaan minggu perdagangan yang baru. Bangkitnya kembali keprihatinan yang baru akan resesi mengatasi kelegaan akan berkurangnya inflasi di tengah tanda – tanda melambatnya aktifitas ekonomi di Cina. Penjualan ritel di negara Cina hanya naik 2.7% YoY pada bulan Juli dan Industrial Production hanya naik 3.8% pada periode yang sama, kedua-duanya meleset dari yang diperkirakan pasar. Pada saat yang bersamaan, bank sentral Cina tanpa terduga memangkas tingkat suku bunga kuncinya dan mengalirkan likuiditas ke pasar.

Pasar saham berjuang untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan indeks saham Eropa diperdagangkan bervariasi. Yields obligasi pemerintah AS meningkat merefleksikan ketakutan akan mundurnya ekonomi dunia.

Jerman mempublikasikan Wholesale Price Index bulan Juli, yang jatuh sebesar 0.4% MoM. Sementara AS merilis angka NY Empire State Manufacturing Index bulan Agustus yang tanpa terduga terkontraksi menjadi – 31.3 dari bulan sebelumnya di 11.1.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0155  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0105 dan kemudian 1.0070. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0260 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0300 dan kemudian 1.0370.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido