Rekomendasi Minyak 16 Agustus 2022: Turun Tajam karena Sentimen Pasar yang Buruk.

233

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Senin turun tajam ke sekitar $87.83 per barel.

Harga minyak mentah WTI turun tajam pada hari pertama minggu perdagangan yang baru. Penurunan harga minyak mentah WTI ini menunjukkan pasar mengabaikan berita yang positip dari salah satu perusahaan minyak kunci di Arab Saudi. Amin H. Nasser, CEO dari Saudi Aramco, mengatakan bahwa permintaan terhadap minyak mentah akan terus bertumbuh selama sisa dekade ini, meskipun ada tekanan turun dalam perekonomian dunia berdasarkan proyeksi global jangka pendek. Komentar dari Nasser ini seharusnya membantu naik harga minyak mentah, tetapi kenyataannya harga minyak mentah WTI malah turun tajam. Hal ini menunjukkan buruknya sentimen pasar pada hari Senin.

Dengan demikian, pasar lebih percaya kepada laporan yang keluar dari Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan the International Energy Agency (IEA) yang dipublikasikan pada hari Kamis minggu lalu.

OPEC mengatakan bahwa mereka menurunkan pertumbuhan permintaan akan minyak mentah pada tahun 2022 menjadi 3.1 juta barel per hary dari sebelumnya 3.36 juta barel per hari yang dilaporkan sebelumnya. OPEC juga menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3.1% dari sebelumnya 3.5%.

Di sisi lain, EIA mengatakan bahwa pertumbuhan permintaan minyak mentah diperkirakan melambat dari 5.1 juta barel per hari pada kuartal pertama 2022 menjadi hanya tinggal 40.000 barel per har. Selain itu laporan dari EIA juga menyebutkan bahwa supply minyak dunia menyentuh ketinggian setela pandemic di 100,5 juta barel per hari pada bulan Juli.

Selain itu para pejabat the Fed yang berbicara dengan nada hawkish dan sentimen yang berhati-hati menjelang keluarnya risalah pertemuan FOMC, memberikan tekanan turun tambahan terhadap harga minyak mentah WTI.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $86.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $85.52 dan kemudian $84.50. “Resistance” yang terdekat menunggu di $88.07 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $89.18 dan kemudian $90.01.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.