Rekomendasi Emas 17 Agustus 2022: Turun Tertekan Faktor Bearish di Luar Pasar Emas

379

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, di tengah kurangnya berita fundamental yang baru di pasar emas. Para trader fokus kepada hal-hal kunci di luar pasar emas yang secara keseluruhan memberikan postur yang bearish bagi emas yaitu naiknya indeks dollar AS dan tren turunnya harga minyak mentah. Rally dari indeks saham AS yang naik menyentuh ke tinggian beberapa minggu pada hari Senin juga membuat para trader/investor emas menarik diri dari menaruh posisi beli yang baru di pasar emas.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $5.00 ke $1,775.10 per troy ons.

Pasar saham global bervariasi mengarah menguat dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit melemah pada saat jam perdagangan sesi New York dimulai. Laporan – laporan penghasilan perushaan menjadi fokus para trader/investor saham pada minggu ini.

Minat terhadap resiko di pasar pada minggu ini kurang kuat setelah munculnya data ekonomi yang buruk dari Cina yang memicu bank sentral Cina ini melonggarkan kebijakan moneternya. Selain itu laporan manufaktur dari Empire State AS yang lebih lemah, pada hari Senin telah meningkatkan kekuatiran akan ancaman resesi di Amerika Serikat.

Hal kunci di luar pasar emas adalah sempat naiknya harga minyak mentah Nymex yang diperdagangkan di sekitar $90.25 per barel, sebelum akhirnya terkoreksi turun kembali ke $87.89 per barel. Indeks dollar AS mengalami kenaikan pada awal jam perdagangan sesi AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,769 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,759 dan kemudian $1,725.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,787 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,814.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido