Rekomendasi EUR/USD 17 Agustus 2022: Naik Kembali karena Melemahnya USD

363
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil rebound pada paruh ke dua hari Selasa dan berbalik positip ke atas 1.0170 di sekitar 1.0175. Mengecewakannya data Housing Starts dari AS menyebabkan rally dollar AS kehilangan tenaganya dan membantu pasangan matauang EUR/USD menghapus kerugiannya. Meskipun demikian, sentimen pasar yang penuh dengan kehati-hatian membatasi kenaikan dari EUR/USD.

Pada paruh pertama hari Selasa, pasangan matauang EUR/USD sempat memperpanjang penurunannya ke kerendahan baru bulan Agustus di 1.0121. Pada jam perdagangan sesi Eropa, dollar AS tetap kuat dengan investor mempertahankan fokus pada ketakutan sehubungan dengan resesi.

Lemahnya data ekonomi yang keluar dari Eropa menambah kelemahan dari EUR, dengan Neraca Perdagangan Uni Eropa bulan Juni membukukan defisit yang setelah disesuaikan menjadi minus € 30.8 miliar. Selain itu, survey ZEW Jerman menunjukkan bahwa sentimen ekonomi di Jerman pada bulan Agustus jatuh ke minus 55.3, sementara sentimen untuk seluruh Uni Eropa turun menjadi minus 54.9.

AS merilis data ekonomi Building Permits bulan Juli yang turun sebanyak 1.3% MoM sementara Housing Starts untuk periode yang sama turun sebesar 9.6%. Dolar AS kehilangan tenaganya setelah keluarnya berita data – data ekonomi dari perumahan di AS di atas.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0155  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0105 dan kemudian 1.0070. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0240 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0300 dan kemudian 1.0370.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido