UPDATE Rekomendasi Emas 19 Agustus 2022: Turun karena Menguatnya USD

290

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun lagi dan menyentuh kerendahan selama tiga minggu pada awal perdagangan sesi AS. Menguatnya indeks dollar AS yang kembali mendekati ketinggian selama 20 tahun yang pernah dicapai pada bulan Juli yang lalu, menggencet minat beli di pasar emas pada minggu ini.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $12.30 ke $1,746.40 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September turun $0.309 ke $19.155 per ons.

Pasar saham global turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS telah mengalami tren naik harga pada grafik harian sejak awal bulan Juni.

Para trader dan investor pada akhir minggu ini fokus mengamati kebijakan moneter dari Federal Reserve AS, termasuk pernyataan-pernyataan yang berbeda pendapat dari para pejabat the Fed pada akhir minggu ini mengenai kenaikan tingkat suku bunga apakah 0.5% atau 0.75% pada pertemuan FOMC the Fed bulan September yang akan datang.

Hal kunci di luar pasar emas pada hari Jumat adalah turunnya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan di sekitar $90 per barel. Indeks dollar AS naik menyentuh ketinggian selama empat minggu pada awal perdagangan sesi AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,745 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,725 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,756 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,767 dan kemudian $1,786.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido