“Chip 4 Meeting” Pertemuan 4 Negara Manufaktur Chip, Kapan Dilaksanakan?

216

(Vibiznews – Technology) Taiwan mengatakan pada akhir pekan bahwa pihaknya belum diberitahu tentang apa yang disebut pertemuan ‘Chip 4’ yang akan melibatkannya bersama Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang tetapi menambahkan Taiwan selalu bekerja sama erat dengan Amerika Serikat dalam rantai pasokan.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin minggu ini mengatakan Seoul mengharapkan untuk menghadiri pertemuan pendahuluan dari empat negara manufaktur chip, menggambarkan pertemuan dengan dipimpin AS

Sebuah pertemuan akan dilakukan di tengah krisis chip global yang dimulai dua tahun lalu dengan timbulnya pandemi dan menyusul undang-undang baru AS bulan ini yang disebut CHIPS Act yang mencakup subsidi $52 miliar untuk perusahaan yang membuat chip atau melakukan penelitian chip di Amerika Serikat.

Pemerintahan Biden juga telah mencari kerja sama yang lebih dalam dengan Jepang dan Korea Selatan untuk menjadi lebih kompetitif dengan upaya sains dan teknologi China.

Waktu, lokasi dan rincian lain dari pertemuan CHIP 4 belum diputuskan, kata seorang pejabat Korea Selatan yang tidak berwenang untuk berbicara kepada media dan menolak disebutkan namanya.

Kementerian ekonomi Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters pada Kamis malam bahwa pihaknya belum memiliki informasi yang relevan.

Taiwan sangat ingin menunjukkan kepada Amerika Serikat, pendukung internasional terpentingnya pada saat meningkatnya ketegangan militer antara Taipei dan Beijing, bahwa itu adalah teman yang dapat diandalkan dan pemasok semikonduktor.

Taiwan dan Korea Selatan adalah dua pembangkit tenaga chip terbesar di dunia.

TSMC Taiwan mengendalikan sekitar 54% pasar global untuk chip yang diproduksi secara kontrak, memasok perusahaan seperti Apple dan Qualcomm yang tidak memiliki fasilitas semikonduktor sendiri.

Korea Selatan adalah rumah bagi Samsung Electronics dan SK Hynix yang bersama-sama memasok lebih dari setengah pasar chip memori global.

Ditanya tentang pertemuan itu, Sekretaris Kabinet Jepang untuk Urusan Publik Noriyuki Shikata mengatakan semikonduktor adalah industri yang sangat strategis penting bagi Jepang dan bahwa pada waktunya, mungkin ada kerja sama yang lebih baik di antara negara-negara.