Panasonic Pemasok Tesla, Rencanakan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Oklahoma

170
Source : youtube

(Vibiznews – Technology) Panasonic Holdings Corp, pemasok pembuat mobil listrik Tesla, sedang dalam pembicaraan untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik (EV) tambahan di Amerika Serikat dengan biaya sekitar $4 miliar, Wall Street Journal melaporkan pada hari Jumat, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Panasonic melihat Oklahoma sebagai lokasi pabrik barunya.

Seorang juru bicara Panasonic mengatakan: “Kami sedang memeriksa berbagai strategi pertumbuhan untuk bisnis baterai otomotif kami, tetapi tidak ada informasi lebih lanjut yang dapat kami bagikan saat ini selain dari apa yang telah kami umumkan.”

Pada bulan Juli, Panasonic memilih Kansas sebagai lokasi untuk pabrik baterai baru yang menurut pejabat negara akan menciptakan hingga 4.000 pekerjaan dengan investasi hingga $4 miliar.

Pada saat itu, Departemen Perdagangan Oklahoma mengatakan pihaknya dan mitranya “terus bekerja dengan Project Ocean,” proyek pabrik baterai Panasonic, dan “optimis untuk peluang tambahan dengan mereka di masa depan”.

Departemen mengatakan pada hari Jumat bahwa “karena perjanjian non-wacana (pada proyek), kami tidak akan memberikan komentar tentang cerita ini”.

Awal tahun ini, Oklahoma mengatakan akan mengalokasikan $698 juta untuk mengejar Project Ocean di bawah rancangan undang-undang yang bertujuan menarik perusahaan tak dikenal yang akan menginvestasikan minimal $3,6 miliar dan menciptakan setidaknya 4.000 pekerjaan baru dalam lima tahun.

Oklahoma adalah negara bagian yang bertetangga dengan Texas, rumah bagi fasilitas produksi mobil dan baterai Tesla.

Konglomerat Jepang itu juga mengatakan sedang mencari lokasi pabrik potensial di Kansas dan Oklahoma untuk memasok baterai ke pabrik Tesla di Texas.

Panasonic telah bermitra dengan Tesla selama lebih dari satu dekade, memasok baterai dari pabriknya di Nevada, California.

Industri otomotif telah meningkatkan produksi EV untuk memenuhi lonjakan permintaan, meningkatkan pesanan baterai dan bahan baku seperti lithium dan kobalt, antara lain.