Tax Competition The 12th Tax Intercollegiate Forum

1683

Tax Intercollegiate Forum merupakan acara perpajakan tahunan di bawah bimbingan Studi Profesionalisme Akuntan (SPA) FEB UI, sebuah organisasi kemahasiswaan yang dijalankan oleh mahasiswa S1 akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sebagai salah satu acara tahunan perpajakan tertua yang diselenggarakan mahasiswa, TIF berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam keberlanjutan pendidikan pajak kepada kalangan masyarakat luas. TIF bertujuan untuk menjadi wadah bagi peserta dengan latar belakang yang beragam dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan wawasan, berdiskusi, dan berpotensi menemukan solusi masalah perpajakan terkini.

Sasaran utama TIF adalah memberikan wawasan dan pengetahuan baru tentang perpajakan terkini kepada mahasiswa, praktisi, akademisi, wajib pajak, dan otoritas pajak.

Selama dua tahun terakhir, dunia menghadapi pandemi COVID-19 yang mengakibatkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini menyebabkan ketidakstabilan dan ketidakmampuan untuk melakukan kegiatan operasional seperti sebelumnya. Untungnya, kondisi kini telah membaik. Kasus COVID-19 telah menurun secara signifikan, memungkinkan bisnis untuk beroperasi seperti biasa dan memperkuat kondisi ekonomi nasional. Di tengah masa depan yang menjanjikan, Pemerintah Indonesia menghadapi banyak implementasi kebijakan perpajakan baru. Dengan semua perubahan perpajakan baru ini dan pembaruan di masa mendatang, beberapa masalah dan perselisihan dapat terjadi. Penyesuaian sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Indonesia untuk memanfaatkan peluang yang ada secara efektif dan mencapai tujuan pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, The 12th Tax Intercollegiate Forum mengusung tema: “Embracing the New Taxation Policy Developments in the Face of Post-Pandemic Era” yang akan membahas secara mendalam dan menjadi wadah bagi banyak pemangku kepentingan dalam merumuskan dan mengimplementasikan perubahan dan pemutakhiran tersebut. Acara ini diharapkan dapat berkontribusi untuk mengedukasi dan memberikan nilai bagi setiap pemangku kepentingan melalui kompetisi pajak yang mendidik dan webinar yang bermanfaat.

Kegiatan Tax Intercollegiate Forum (TIF) memiliki target peningkatan kompetensi mahasiswa di bidang perpajakan. Melalui Tax Competition, Tax Intercollegiate Forum (TIF) ingin mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal implementasi kebijakan perpajakan baru pemerintah Indonesia bagi wajib pajak, baik perseorangan maupun badan. Kompetisi ini dapat diakses oleh mahasiswa jurusan terkait dari universitas dan lembaga kejuruan di Indonesia. Melalui kompetisi ini, semua peserta akan mendapatkan nilai tambah dengan mendengar dari para profesional perpajakan dan berjejaring dengan peserta lain. Pendaftaran dapat diakses melalui www.tiffebui.com/competition dan informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini dapat diakses melalui https://bit.ly/BookletTIF12.

 

Selain kompetisi, Tax Intercollegiate forum juga akan mengadakan suatu webinar yang akan digunakan untuk mengkaji masalah terbaru dalam perpajakan Indonesia, termasuk percakapan komprehensif dengan para pakar pajak. Webinar ini akan mengusung tema “Undertaking Tax Policy in Accordance with G20’s Digital Economy Transformation”, dan akan diadakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Pendaftaran dapat diakses melalui https://bit.ly/WebinarThe12thTIF Webinar ini akan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu:

  • Keynote Session: Reforming Tax Policy to Address Digital Economy Transformation’s Key Issue of the G20
  • Session 1: “Exerting OECD’s Pillar One Tax Policy on MNEs to Actualize International Financial Stability and Sustainable Growth”
  • Session 2: “Developing Strategic Plans to Tackle OECD’s Pillar One Implementation Challenges in Indonesia”
  • Session 3: Strengthening Tax Transparency through G20 to Support Digital Economy Transformation Success
  • Session 4: Comprehensive Discussion