Wall Street Alami Lonjakan Karena Turunnya Yield Obligasi AS

177
wall street amerika

(Vibiznews – Index) – Terjadi lonjakan harga saham di bursa Wall Street pada sesi yang berakhir Kamis dinihari (8/9) karena turunnya yield obligasi dan laporan Beige Book.

Semua indeks utama rebound dari posisi terendah sebulan lebih dan juga hentikan pelemahan 7 sesi berturut untuk Nasdaq.

Indeks Dow Jones melonjak  1,4 persen menjadi 31.581,28, Nasdaq melonjak  2,1 persen menjadi 11.791,90 dan S&P 500 melonjak  1,8 persen menjadi 3.979,87.

Aksi bargain hunting di Wall Street terjadi imbas penurunan yield treasury dan harga minyak yang meredakan kekhawatiran tentang inflasi dan suku bunga.

Yield obligasi AS 10-tahun turun di bawah 3,3% dan harga minyak mentah turun ke posisi terendah lebih dari 7 bulan.

Sentimen juga terangkat oleh komentar beberapa pejabat tinggi Fed seperti Wakil Ketua Fed Lael Brainard dan Loretta Mester.

Brainard memperingatkan tentang risiko suku bunga terlalu tinggi meskipun dia juga meyakinkan pasar bahwa bank sentral akan terus memerangi inflasi selama diperlukan.

Mester mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan ekonomi jatuh ke dalam resesi, tetapi risiko itu terjadi meningkat.

Setelah itu kekuatan bertambah  setelah rilis Beige Book Federal Reserve, yang mengatakan aktivitas ekonomi di AS pada dasarnya tidak berubah sejak awal Juli.

Sebuah laporan dari Departemen Perdagangan menunjukkan  defisit perdagangan AS menyusut secara signifikan di bulan Juli,  menyusut menjadi $70,6 miliar.

Secara sektoral, saham maskapai penerbangan memimpin penguatan dengan NYSE Arca Airline Index melonjak 4,3 persen dari level penutupan terendah dalam lebih dari sebulan.

Kekuatan yang cukup besar juga terlihat di antara saham emas dengan lonjakan 3,8 persen oleh NYSE Arca Gold Bugs Index.

Saham utilitas juga menunjukkan kinerja yang sangat kuat, menghasilkan lonjakan 3,3 persen oleh Dow Jones Utility Average.

Sementara itu pergerakan sebaliknya terjadi pada saham energi di tengah penurunan tajam harga minyak mentah.