Rekomendasi Emas 21 September 2022: Melemah Menjelang Pertemuan FOMC the Fed

742

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa. Kebijakan moneter yang hawkish secara agresif dari Federal Reserve AS telah membebani pasar saham dan keuangan, dan mendorong naik yields treasury AS dan indeks dollar AS, yang merupakan asset saingan dari emas dalam hal safe – haven assets.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $12.30 ke $1,664.60 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember turun $0.083 ke $19.275 per ons.

Keengganan terhadap resiko tetap tinggi di antara para trader dan investor pada awal minggu. Pasar fokus kepada pertemuan FOMC Federal Reserve AS yang dimulai dari sejak Selasa pagi dan berakhir pada Rabu sore waktu AS dengan pernyataan dan konferensi pers dari ketua the Fed Jerome Powell. FOMC diperkirakan tetap hawkish secara agresif dan menaikkan tingkat bunga kunci sebesar 0.75% dalam usaha ther Fed untuk menurunkan inflasi harga yang problematik.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam dengan saham – saham Eropa kebanyakan turun dan saham – saham Asia kebanyakan naik. Sementara indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan di sekitar $83.00 per barel. Indeks dollar AS sedikit menguat pada awal perdagangan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,660 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,650 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,678 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,686 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido