Rekomendasi Emas 22 September 2022: Naik Sekalipun Ada Tekanan Turun

457

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu, sekalipun ada tekanan turun, karena bangkitknya kembali permintaan terhadap assets safe – haven walaupun pembelian terhadap dollar AS terus berlangsung yang menekan turun harga emas.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $1.30 ke $1,666.20 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember turun $0.148 ke $19.205 per ons.

Di latar belakangi keprihatinan akan semakin dalamnya penurunan ekonomi global dan resiko terjadinya eskalasi lebih jauh dalam konflik Rusia – Ukraina membawa kepada arus safe – haven ke arah emas. Dalam perkembangan terbaru, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial yang mengurangi minat investor terhadap assets beresiko.

Pasar tetap fokus kepada pertemuan FOMC the Fed yang diperkirakan tetap hawkish dengan agresif menaikkan tingkat bunga sebesar 0.75% dalam usaha menanggulangi inflasi yang mendorong pembelian terhadap dollar AS.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham – saham Eropa kebanyakan turun dan saham – saham Asia kebanyakan naik. Sementara indeks saham AS turun pada pertengahan hari perdagangan.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya harga minyak mentah Nymex diperdagangkan di sekitar $83.00 per barel. Sementara indeks dollar AS naik pada pertengahan jam perdagangan hari ini.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,650 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,635 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,678 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,686 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido