Rekomendasi Emas 24 September 2022: Turun Tajam karena Naiknya USD & Yields AS

674

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun tajam pada perdagangan sesi AS hari Jumat. Harga emas menyentuh kerendahan hampir 2 ½ tahun berikutnya. Membumbung naiknya yields obligasi pemerintah AS dan sangat kuatnya indeks dollar AS adalah faktor bearish yang menghantam pasar emas saat ini.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $24.10 ke $1,647.10 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember turun $0.532 ke $19.08 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun tajam ke kerendahan 3 bulan pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Keengganan terhadap resiko tetap tinggi pada akhir minggu ini setelah Presiden Rusia Putin pada awal minggu ini berkata bahwa dia akan memobilisasi lebih banyak pasukan untuk bertempur dalam peperangannya dengan Ukraina dan juga mengandung arti dia bisa menggunakan senjata nuklirnya apabila integritas Rusia terancam. Banyak ahli mengatakan bahwa Putin telah terdesak ke sudut dan telah menjadi orang yang semakin berbahaya.

Kekuatiran akan resesi AS dan global meningkat pada minggu ini setelah komentar dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Rabu atas prospek ekonomi AS yang buruk dan dengan para bank sentral utama dunia pada minggu ini memperketat kebijakan moneter mereka dalam rangka menekan naiknya inflasi. Inggris mengumumkan pemangkasan pajak yang besar dan defisit belanja untuk mencoba meningkatkan ekonominya kembali. Berita-berita ini membuat yields obligasi pemerintah global melonjak. Sementara itu, PMI manufaktur dan jasa zona Euro pada bulan September jatuh yang menunjukkan kedua sektor mengalami kontraksi.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turun tajamnya harga minyak mentah Nymex yang menyentuh kerendahan selama 7 bulan diperdagangkan di sekitar $78 per barel. Indeks dollar AS naik solid ke ketinggian 20 tahun yang baru.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,638 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,625 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,674 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,686 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido