Rekomendasi Minyak 24 September 2022: Jatuh ke Bawah $80

207

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat turun tajam, diperdagangkan di sekitar $78.72 per barel.

Banyak katalisator yang menghantam perekonomian global telah mengakibatkan terjadinya aksi jual yang intens atas harga minyak mentah WTI. Dimulai dari sikap yang hawkish dari para bank sentral Barat dalam tingkat bunga mereka dimana agenda dalam membawa stabilitas harga adalah mengorbankan perluasan aktifitas ekonomi. Terjadi penurunan aktifitas ekonomi karena tidak adanya investasi sebagai akibat dari sudah tidak tersedianya uang yang murah. Selain itu, penundaan rencana ekspansi perusahaan telah memangkas proyeksi dari permintaan. Pada akhirnya permintaan terhadap minyak mentah jatuh tajam.

Permintaan akan minyak mentah di dalam ekonomi AS yang perkasa sedang jatuh dengan keras. Permintaan gasoline AS jatuh tajam sebanyak 8.5 juta barel per hari selama empat minggu yang telah berlalu. Hal ini terjadi sebagai akibat dari naiknya dengan cepat tekanan harga, yang telah memaksa para rumah tangga hanya memakai minyak mentah dan gasoline untuk kebutuhan esensial saja.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $78.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.26 dan kemudian $76.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.98 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.68 dan kemudian $80.33.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.