Rekomendasi GBP/USD 24 September 2022: Turun ke Kerendahan Beberapa Dekade.

657
inggris
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Forex) Setelah pulih ke arah 1.1100 pada awal hari perdagangan pada hari Jumat, GBP/USD berbalik turun pada jam perdagangan sesi AS dan menyentuh ke level terendah sejak 1985 di bawah 1.0900 di sekitar 1.0895. Data ekonomi AS Purchasing Manager Index (PMI) menunjukkan bahwa aktifitas sektor swasta pulih pada bulan September, yang mendorong indeks dollar AS naik lebih tinggi.

Bank of England (BoE) mengumumkan kenaikan tingkat bunganya sebesar 50 bps menjadi 2.25%. Karena pasar berjangka telah memperhitungkan dalam harga kemungkinan kuat kenaikannya adalah sebesar 75 bps, maka reaksi awal terhadap pengumuman dari BoE ini adalah GBP/USD berada di bawah tekanan bearish yang kuat.

Pemerintah Inggris telah memperlihatkan program ekspansi dari pemangkasan pajak untuk mendukung ekonomi Inggris namun dampak positip dari program ini terhadap poundsterling kelihatannya terbatas.

Sementara itu, di AS, pada hari Jumat, S&P Global Flash U.S. Composite PMI melaporkan kenaikan yang sehat di dalam aktifitas manufaktur dan jasa AS pada bulan September.

Laporan tersebut mengatakan bahwa data PMI manufaktur AS berada pada 51.8, naik dari bulan Agustus di 51.5. Selain itu data tersebut juga lebih bagus daripada yang diperkirakan, dimana konsensus pasar dari para ekonom memperkirakan angka yang akan muncul berada di 51.

Selain itu, aktifitas sektor jasa AS juga menunjukkan momentum yang solid dengan naik ke 49.2 dari 43.7 pada bulan Agustus. Sementara itu para ekonom memperkirakan angka yang keluar berada pada 45.5.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa aktifitas sektor jasa AS saat ini sedang berada pada level tertinggi dalam 3 bulan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0888 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0864 dan kemudian 1.0800. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0922 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0935 dan kemudian 1.0958.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido