Perluas Manfaat Bendungan Raknamo Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kupang

175
Manfaat Bendungan Raknamo
Sumber : Kemenkeu

(Vibiznews – Economy & Business) – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pemerintah menggunakan dana APBN untuk membiayai proyek strategis untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengunjungi Bendungan Raknamo.

Beliau meminta Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Raknamo dapat diperluas manfaatnya agar dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kita berharap bahwa bendungan ini kemudian berpotensi dikembangkan lebih lanjut untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM),” ujar Wamenkeu pada Sabtu (24/09).

Terkait pengembangan SPAM Bendungan Raknamo, Wamenkeu mengatakan penyerapan untuk proyek tersebut telah mencapai 55 persen dari total anggaran APBN yang diberikan yaitu sebesar Rp87 miliar. Harapannya, proyek tersebut dapat selesai pada akhir tahun 2022. Di sisi lain, Wamenkeu berharap Bendungan Raknamo juga dapat dikembangkan menjadi kawasan pariwisata.

“Tentu nanti bagaimana pariwisatanya dapat dipikirkan bersama, sangat terbuka kemungkinannya. Semoga keberadaan bendungan ini bukan hanya sekedar suatu proyek, tapi kemudian menjadi awal dari berbagai macam proyek-proyek lanjutan. Dan kegiatan ekonomi masyarakat yang bisa menguntungkan bagi masyarakat NTT, khususnya di sekitar Kabupaten Kupang dan kota Kupang,” kata Wamenkeu.

Proyek Bendungan Raknamo merupakan PSN yang dibiayai APBN yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2015 hingga 2018 dengan biaya Rp723 miliar. Bendungan ini berfungsi sebagai irigasi dan pemenuhan air baku. Saat ini, bendungan tersebut telah beroperasi untuk pemenuhan kebutuhan air irigasi di hilir sebesar 840 hektar. Yang nantinya dapat berkembang menjadi 1.300 hektar.

Perlu diketahui Bendungan Raknamo adalah salah satu PSN yang dibiayai APBN dan masih banyak lagi PSN yang dibiayai oleh APBN.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting