Rekomendasi Emas 27 September 2022: Turun karena Naiknya USD & Yields Obligasi

903

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun lagi pada awal perdagangan sesi AS hari Senin. Harga emas turun menyentuh hampir kerendahan 2 ½ tahun berikutnya. Naiknya yields obligasi pemerintah dan membumbungnya indek dollar AS adalah elemen bearish utama yang membuat harga emas turun.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $15.00 ke $1,629.40 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember turun $0.195 ke $18.71 per ons.

Pasar global mengalami pergolakan yang keras pada hari Senin, dengan berlanjutnya sikap “risk-off” dalam trading yang terjadi sejak akhir minggu lalu. Kekuatiran akan terjadinya resesi ekonomi global meningkat dengan cepat.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun dan mendekati kerendahan tiga bulan pada minggu lalu ketika jam perdagangan sesi New York dimulai. Wall Street Journal melaporkan tahun ini telah menjadi tahun terburuk sejak 1930 bagi strategi membeli dari bawah di dalam investasi dan trading saham AS. Volatilitas forex dan naiknya yields obligasi pemerintah menjadi sorotan pada hari Senin.

Emas mengalami crash minor yang sekejab dalam perdagangan semalam. Metal berharga ini masih terus terpukul oleh dollar AS. Para trader terus meningkatkan posisi jualnya di emas dengan para fund manager menjadi lebih bearish terhadap emas dibandingkan waktu kapanpun juga selama lebih dari empat tahun yang telah lewat. Naiknya yields obligasi pemerintah telah menjadi badai utama bagi pasar emas dan perak. Arus keluar dari ETF emas terus berlangsung dengan sisa yang berpegang mendekati kerendahan selama hampir dua tahun.

Hal kunci di luar pasar emas adalah minyak mentah Nymex yang menyentuh ke rendahan selama tujuh bulan dan diperdagangkan di sekitar $78.25 per barel. Indeks dollar AS naik mendorong ke ketinggian 20 tahun yang baru pada awal perdagangan sesi AS. Sementara itu yields treasury 10 tahun AS naik ke 3.673% dan yang 2 tahun naik ke 4.285%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,625 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,615 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,652 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,674 dan kemudian $1,686.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido