Rekomendasi Emas 28 September 2022: Rebound karena Short Covering & Safe – Haven Demand

1271

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berhasil naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, karena koreksi rebound harga dari tekanan jual belakangan ini dan karena aksi short covering dari para trader futures jangka pendek.   Selain itu terlihat juga permintaan safe – haven di tengah naiknya volatilitas belakangan ini di pasar keuangan.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $8.30 ke $1,631.70 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.295 ke $18.775 per ons.

Pasar saham global bervariasi ke menguat dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, karena koreksi dari kerugian yang besar belakangan ini. Dow Jones Industrial Average pada hari Senin tergelincir ke teritori pasar yang bearish yang didefinisikan sebagai kejatuhan sebesar 20% atau lebih dari ketinggian yang terbaru.

Hal kunci di luar pasar emas adalah menguatnya harga minyak mentah Nymex karena koreksi setelah turun menyentuh kerendahan tujuh bulan pada hari Senin, diperdagangkan di sekitar $78.00 per barel. Indeks dollar AS turun sebagai akibat koreksi setelah naik menyentuh ketinggian 20 tahun yang baru pada hari Senin.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,625 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,618 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,646 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,652 dan kemudian $1,674.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido