Astra International : Setelah Akuisisi Bank Jakarta dan Beli Saham Medikaloka, Sekarang Mau Jual Astra Life

333
astra international

(Vibiznews – IDX Stocks) – PT Astra International Tbk dengan kode saham ASII, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjual PT Asuransi Jiwa Astra atau yang lebih sering dikenal dengan Astra Life.

Selain menjual seluruh kepemilikannya di Astra Life, ASII juga mempertimbangkan opsi lain, seperti menjual sebagian atau mendirikan usaha patungan (joint venture).

Menurut laporan Bloomberg, nilai transaksi ini berada di kisaran USD300 juta sampai USD500 juta atau setara dengan Rp4,5 sampai Rp7,5 triliun.

Aksi korporasi ini masih dalam tahap diskusi, sehingga masih mungkin untuk tidak terealisasi.

Astra Life sendiri didirikan pada 2014 dan menawarkan beberapa produk asuransi seperti kesehatan, kecelakaan, jiwa konvensional, hingga jiwa syariah.

Sebelumnya, ASII juga pernah melakukan penjualan atas kepemilikan Bank Permata (BNLI) pada 2020.

Uang yang didapat dari divestasi tersebut digunakan oleh ASII untuk melakukan ekspansi bisnis atau mendukung operasional unit bisnis perusahaan lainnya.

Menurut Laporan Keuangan tahun 2021, Astra Life mencatatkan pendapatan premi setara tahunan (APE) Rp830 miliar dengan total aset sebesar Rp7,1 triliun dan jumlah tertanggung sebanyak 3,5 juta orang.

Sedangkan total ekuitas pada 2Q22 mencapai Rp775 miliar, sehingga nilai transaksi yang ditargetkan mengimplikasikan valuasi P/BV senilai 5,8x – 9,7x.

ASII baru-baru ini melakukan beberapa aksi korporasi seperti mengakuisisi Bank Jasa Jakarta dan berinvestasi di emiten rumah sakit, Medikaloka Hermina (HEAL).

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning