Rekomendasi Emas 29 September 2022: Naik karena Arus Safe – Haven

706

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berhasil naik pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu, karena pembelian safe – haven di tengah pasar yang sangat gugup dengan kalender tanggalan segera beralih ke bulan yang akan bisa menjadi bulan yang penuh pergolakan di bulan Oktober baik untuk pasar keuangan maupun pasar saham.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $26.20 ke $1,655.40 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.10 ke $18.23 per ons.

Indeks dollar AS naik dan menyentuh ketinggian 20 tahun yang baru pada hari Rabu. Dolar AS yang sangat kuat telah memberikan tekanan yang serius terhadap matauang negara – negara yang lebih kecil, yang sangat mengkuatirkan negara – negara yang pernah mengalami krisis matauang pada dekade yang lalu. Setiap ada bank investasi atau perusahaan hedge fund yang besar yang mulai kelihatan bermasalah likuiditas, bisa memberikan petunjuk bahwa ada problem yang jauh lebih besar ke depannya. Skenario seperti ini bisa memicu masuknya pembeli ke emas yang safe-haven.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya harga minyak mentah Nymex karena koreksi rebound setelah turun menyentuh ke rendahan tujuh bulan pada hari Senin dan diperdagangkan disekitar $79.00 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,625 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,613 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,674 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,687 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido