UPDATE Rekomendasi Emas 30 September 2022: Berbalik Naik karena Permintaan Safe-Haven

250

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Jumat. Emas berhasil menangkap sedikit permintaan safe-haven menjelang akhir minggu. Pasar secara umum mengalami keengganan terhadap resiko yang tinggi di tengah goyahnya pasar keuangan, obligasi dan saham.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $14.80 ke $1,675.20 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.183 ke $18.885 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham – saham Eropa kebanyakan naik dan saham – saham Asia kebanyakan turun. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham S&P 500 pada hari Kamis ditutup di level terendah dalam hampir dua tahun. Mengenai kenaikan harga – harga saham di AS dan Eropa pada sesi perdagangan Asia hari Jumat pagi, investor dan trader melihatnya sebagai tidak lebih dari koreksi normal setelah penurunan yang tajam yang telah terjadi selama beberapa minggu dimana investor dipaksa untuk sekali lagi menerima kenaikan tingkat bunga lebih jauh dan lebih cepat daripada yang diharapkan.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya harga minyak mentah Nymex yang diperdagangkan di sekitar $79.50 per barel. Sementara indeks dollar AS mengalami kenaikan karena atmosfir yang enggan terhadap resiko di pasar.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,649 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,625 dan kemudian $1,600.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,682 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,687 dan kemudian $1,700.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido