Rekomendasi Emas 5 Oktober 2022: Pergerakan Naik Berkelanjutan

655

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, mencetak ketinggian tiga minggu. Pergerakan naik harga emas telah menunjukkan kekuatan pembelian yang berkelanjutan yang penting pada hari Selasa, setelah kenaikan yang solid pada hari Senin, yang menyarankan akan bisa ada kenaikan lebih banyak lagi bagi harga emas dalam jangka pendek.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $25.50 ke $1,726.10 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Desember naik $0.206 ke $20.790 per ons.

Perdagangan pada minggu ini sebegitu jauh yang terlihat adalah melemahnya dollar AS, naiknya harga minyak mentah, jatuhnya yields treasury AS dan meningkatnya permintaan safe – haven. Semua ini menyalakan api naiknya harga emas.

Pasar saham global kebanyakan menguat dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik secara solid pada saat jam perdagangan sesi New York dimulai karena kekuatan pembelian yang berkelanjutan dari keuntungan yang solid yang dicetak pada hari Senin.

Minat terhadap resiko paling tidak naik sebentar pada awal minggu ini, setelah melemahnya purchasing managers indexes (PMIs) dari negara – negara maju, termasuk AS pada hari Senin membawa kepada pandangan bahwa bank sentral utama dunia pasti akan mulai menurunkan kecepatan pengetatan kebijakan moneter mereka. Bank sentral Australia hanya menaikkan tingkat suku bunga utama mereka sebesar 0.25% pada hari Selasa, setelah yang terakhir kalinya menaikkan sebesar 0.5%.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya indeks dollar AS secara solid melanjutkan tekanan jual yang berlangsung dari hari Senin. Sementara harga minyak mentah naik dan diperdagangkan disekitar $86.16.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,720 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700 dan kemudian $1,675.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,725 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,740 dan kemudian $1,780.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido