Rekomendasi EUR/USD 5 Oktober 2022: Terus Naik ke Arah Pariti

516

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil memelihara momentum bullish-nya dan naik ke level tertinggi dalam hampir lebih dari dua minggu di atas 0.9970. Atmosfir yang positip terhadap resiko sebagaimana yang terefleksi dalam keuntungan yang mengesankan yang dicetak oleh indeks utama di Wall Street, membebani dollar AS dengan berat dan menyalakan rally pasangan matauang EUR/USD.

Pasangan matauang EUR/USD memperpanjang pemulihannya belakangan ini dan diperdagangkan di atas batas 0.9900 di sekitar 0.9966 dan memegang keuntungannya menjelang masuk ke jam perdagangan sesi AS. Sentimen pasar yang lebih baik terus menekan turun permintaan terhadap dollar AS, menyebabkan penurunan indeks dollar AS untuk hari yang kedua.

Minat spekulasi di antara trader percaya bahwa siklus pengetatan kemungkinan akan segera berakhir dengan tingkat bunga global telah mencapai level yang bisa menimbulkan resiko resesi. Pada awal hari Selasa, Reserve Bank of Australia mengejutkan pasar keuangan dengan menaikkan tingkat bunganya hanya sebesar 25 bps, di bawah dari yang diperkirakan akan kenaikan sebesar 50 bps, yang menjadikannya negara pertama yang menghentikan Quantitative Tightening yang ultra agresif. Akibatnya pasar saham global mengalami rally, sementara obligasi pemerintah juga mengalami kenaikan harga yang membuat turun yields dari obligasi.

Sebaliknya, data makro ekonomi terus memberikan gambaran yang suram. Producer Price Index Uni Eropa bulan Agustus naik 43.3% YoY, jauh lebih tinggi dari angka sebelumnya di 38% dan di atas dari yang diperkirakan di 43.2%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 0.9940 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9900  dan kemudian 0.9865. “Resistance” terdekat menunggu di 0.9970 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9992 dan kemudian 1.0003.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido