Rekomendasi EUR/USD 6 Oktober 2022: Turun karena Terus Menguatnya USD.

429

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berada di bawah tekanan bearish pada paruh kedua perdagangan dan jatuh ke bawah area 0.9875. Rally Dolar AS mendapatkan tenaga dorongan naik terus setelah keluar laporan employment AS dari ADP dan survey PMI jasa dari ISM yang bagus, sehingga membebani pasangan matauang ini.

EUR/USD kehilangan momentum bullish-nya dan jatuh menembus batas 0.9900 dengan dollar AS menguat secara luas di tengah menurunnya sentimen terhadap resiko dengan cepat. Pasar saham berbalik ke arah yang lebih buruk setelah Uni Eropa menyetujui paket ke delapan dari sanksi terhadap Rusia, termasuk pembatasan harga atas minyak mentah Moskow. Keputusan dari Uni Eropa ini adalah sebagai respon terhadap aneksasi illegal atas wilayah Ukraina di Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia oleh Rusia.

Data – data ekonomi yang mengecewakan dari Uni Eropa menambah kelemahan dari matauang bersama Eropa dimana S&P Global merevisi turun angka PMI Jasa Uni Eropa bulan September. Indeks Jerman turun ke 45, sementara Indeks Uni Eropa jatuh lebih dalam ke teritori kontraksi dari 48.9 ke 48.8. Sementara itu AS mempublikasikan data ekonomi Goods and Services Trade Balance bulan Agustus yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Selain itu AS juga merilis laporan pekerjaan ADP AS yang sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan dimana pertambahan pekerjaan sebanyak 208.000 di bulan September, dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 200.000.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 0.9850 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9820  dan kemudian 0.9770. “Resistance” terdekat menunggu di 0.9950 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 0.9995 dan kemudian 1.0035.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido