Rekomendasi GBP/USD 5 Oktober 2022: Bertahan Pada Keuntungan Harian yang Kuat

437

(Vibiznews – Forex) GBP/USD berhasil memperoleh kembali daya tariknya dan naik ke arah 1.1450 di perdagangkan di sekitar 1.1440 setelah sebelumnya pada awal hari perdagangan hari Selasa sempat turun mengetes kerendahan di 1.1300. Dolar AS tetap berada di bawah tekanan jual dengan arus resiko terus mendominasi pasar keuangan dan indeks dollar AS tetap berada di teritori merah yang dalam di bawah 110.50.

Pasangan matauang GBP/USD memperpanjang pemulihannya yang kuat belakangan ini, bergerak dari kerendahan sepanjang waktu dan terus naik pada hari pertama di minggu perdagangan yang baru. Pemerintah Inggris berbalik arah dan membatalkan rencana pemangkasan pajak yang kontroversial yang diumumkan di dalam budget mini mereka pada minggu lalu. Menteri keuangan Inggris Kwasi Kwarteng memberikan konfirmasi bahwa pemerintahnya tidak akan menghapus pajak penghasilan tingkat atas negara itu yang telah memicu krisis kepercayaan terhadap pemerintah.

Pengumuman ini membantu memberikan kelegaan mengenai menggelembungnya hutang publik dan mengangkat naik Poundsterling kembali. Namun terlepas dari hal ini, munculnya tekanan jual yang baru terhadap dollar AS lebih lanjut memberikan kontribusi bagi rally dari GBP/USD sekitar 250 pips dalam perdagangan semalam. Aksi jual terhadap dollar AS semakin bertambah-tambah setelah survey dari Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan bahwa aktifitas manufaktur AS pada bulan September bertumbuh dengan kecepatan yang paling lambat dalam hampir 2 ½ tahun.

Bank of England (BoE) mengeluarkan pernyataan yang meneguhkan kesediaan mereka untuk membeli obligasi jangka panjang sampai senilai £5 miliar. Hal ini telah menyeret yields obligasi treasury AS turun lebih jauh dari ketinggian beberapa tahun yang dicapai pada minggu lalu, yang pada gilirannya menambah tekanan turun terhadap dollar AS.

Terlepas dari hal di atas, masuknya arus “risk-on” sebagaimana dengan yang terlihat dari terjadinya rally dalam perdagangan semalam atas pasar saham AS, memperburuk dollar AS yang safe – haven.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.1427 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1392  dan kemudian 1.1350. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1500 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1530 dan kemudian 1.1600.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido