Rekomendasi GBP/USD 6 Oktober 2022:Turun karena Sentimen Pasar yang Buruk

402

(Vibiznews – Forex) GBP/USD memperpanjang penurunan hariannya dan jatuh di bawah 1.1300 di sekitar 1.1265 pada paruh ke dua perdagangan hari Rabu. Menguatnya dollar AS karena munculnya data perubahan employment ADP dan PMI Jasa dari ISM yang bagus, memaksa pasangan matauang ini turun.

AS merilis laporan pekerjaan ADP AS yang sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan dimana pertambahan pekerjaan sebanyak 208.000 di bulan September, dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 200.000.

GBP/USD kehilangan daya tariknya dan turun ke bawah 1.1300 setelah sebelumnya sempat naik ke arah 1.1500. Sentimen pasar yang buruk telah menolong dollar AS behasil mengumpulkan kekuatannya.

Meningkatnya ketegangan geopolitik telah menyebabkan investor mencari assets investasi yang aman pada awal hari Rabu sehingga indeks dollar AS (DXY) berhasil menghapus sebagian dari kerugian pada hari Selasa.

Duta besar Rusia di AS mengatakan bahwa bahaya dari pertempuran langsung antara Rusia dengan Barat telah meningkat setelah keputusan Gedung Putih untuk memberikan bantuan militer tambahan terhadap Ukriana. Sementara itu laporan mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sedang menyiapkan pidato kepada bangsa Rusia dan mengumumkan perubahan status dari “operasi spesial” telah memicu pelarian berikutnya yang lebih kencang ke keamanan investasi.

Buruknya sentimen pasar yang enggan terhadap resiko terefleksi pada indeks saham berjangka AS yang turun antara 0.7% ke 0.8% selama jam perdagangan sesi Eropa.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.1230 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1200  dan kemudian 1.1180. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1300 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1430 dan kemudian 1.1470.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido