Bursa Jepang Akhir Pekan Ditutup Turun Terpicu Profit Taking

213

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei 225 turun 0,35% menjadi ditutup pada 28.283 sementara Indeks Topix yang lebih luas turun 0,04% menjadi 2.018 pada hari Jumat, karena investor mengambil beberapa keuntungan setelah reli kuat yang sebagian besar didorong oleh ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan memperlambat laju kenaikan suku bunga.

Investor juga bereaksi terhadap data yang menunjukkan harga konsumen inti di Tokyo, indikator utama tren harga nasional, melonjak ke level tertinggi 40 tahun sebesar 3,6% pada November di tengah meluasnya tekanan inflasi.

Saham teknologi memimpin penurunan, dengan kerugian signifikan dari Tokyo Electron (-0,8%), Keyence (-1,5%) dan Advantest (-1%).

Indeks kelas berat lainnya juga menurun seperti Fast Retailing (-0,8%), Sony Group (-0,8%) dan Kawasaki Kisen (-1,1%), sedangkan kenaikan penting terlihat dari SoftBank Group (0,3%), Mitsubishi UFJ (1%) dan Toyota Motor (0,4%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Jepang akan mendapat dukungan sentimen positif sinyal perlambatan kenaikan suku bunga AS.