Rekomendasi GBP/USD 30 November 2022: Bertahan karena Testimoni Bailey & Melemahnya USD.

365

(Vibiznews – Forex) GBP/USD terus di perdagangkan di sekitar 1.2000 meskipun sempat turun ke arah 1.1950 pada awal hari perdagangan hari Selasa. GBP/USD berhasil naik dari penurunan ke arah 1.1950 dan diperdagangkan di sekitar $1.1990 setelah Gubernur Bank of England (BoE) Bailey membuat testimoninya mengenai kebijakan moneter dan inflasi. Pasangan matauang ini bertahan dengan dollar AS berjuang untuk bisa mengumpulkan kekuatannya lagi.

Bailey mengatakan bahwa Bank of England kemungkinan akan menaikkan tingkat suku bunga lebih lanjut. Bailey berpegang teguh kepada narasi untuk terus menaikkan tingkat sulu bunga BoE sampai mencapai 5.2% yang dihargai oleh Treasury Select Committee.

Optimisme yang baru mengenai Cina bergerak keluar dari kebijakan “zero-Covid”nya kelihatannya membantu membaiknya sentimen pasar pada hari Selasa. Komentator Global Times Hu Xijin mengatakan lewat Twitter, bahwa Cina bisa keluar dari bayangan Covid lebih cepat daripada yang diperkirakan. Sementara National Health Commission Cina mengumumkan bahwa mereka akan menguatkan vaksinisasi bagi para lanjut usia.

Atmosfir yang positip terhadap resiko terefleksi pada naiknya indeks saham FTSE 100 Inggris hampir 1% pada hari itu dan indeks saham berjangka AS naik antara 0.3% dan 0.6%.

Persepsi pasar yang positip terhadap resiko ini berdampak signifikan bagi turunnya dollar AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.1968 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1900  dan kemudian 1.1850  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2082 dan kemudian 1.2150

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido