Rekomendasi Emas 30 November 2022: Naik karena Naiknya Harga Minyak & Melemahnya USD

614

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik dalam perdagangan sesi AS hari Selasa. Sekali lagi, pergerakan harga emas di dalam trading harian digerakkan oleh hal-hal kunci di luar pasar emas, dalam hal ini, saat ini adalah indeks dollar AS dan harga minyak mentah.

Kedua pasar tersebut yang di luar pasar emas, sedang berada pada posisi yang bullish bagi pergerakan harga emas dengan indeks dollar AS sedang berbalik turun dan harga minyak mentah sedang berbalik naik.

Emas berjangka kontrak bulan Februari naik $10.40 ke $1,751.50 per troy ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret naik $0.33 ke $21.45 per ons.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Index saham AS mengarah menguat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Trader dan investor masih memonitor dengan seksama situasi keresahan sipil di Cina. Laporan mengatakan bahwa kasus Covid yang baru di Cina sedang mulai menurun. Selain itu di jalan – jalan sudah tidak ada protes yang besar yang dilaporkan oleh media. Laporan mengatakan bahwa otoritas Cina menurunkan kehadiran polisi yang berat di kota – kota utama untuk menakuti demonstrasi berikutnya pada akhir minggu.

Hal kunci di luar pasar emas pada hari Selasa ini adalah turunnya indeks dollar AS dan naiknya harga minyak mentah Nymex yang diperdagangkan di sekitar $78.90 per barel.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,740 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,725 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,770 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,791 dan kemudian $1,806.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido