Rekomendasi Minyak 30 November 2022: Melanjutkan Kenaikan Mengarah ke $79.00

290

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS, hari Selasa,  melanjutkan pergerakan naiknya dan diperdagangkan di sekitar $78.40 per barel.

Pada jam perdagangan sesi Asia hari Selasa pagi, minyak mentah WTI memperpanjang pemulihan pada hari Senin dari kerendahan tahunan ke ketinggian harian yang baru di $77.25.

Reboundnya harga komoditi minyak mentah bisa dihubungkan dengan munculnya optimisme di pasar dan juga spekulasi bahwa OPEC+ akan mengarah kepada pemotongan produksi yang lebih besar pada pertemuan berikutnya.

Selain itu, Uni Eropa yang masih harus terus berjuang untuk bisa mengumumkan pembatasan harga minyak atas ekspor minyak mentah Rusia membuat para pembeli energi di Eropa tetap penuh dengan pengharapan.

Turunnya kasus baru harian Covid – 19 dari puncak paling tinggi di 40,347 menjadi 38,645 kelihatannya telah memicu optimisme di pasar.

Sementara itu Reuters melaporkan bahwa Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan pada hari Senin mengenai pembatasan harga atas ekspor minyak mentah Rusia dengan Polandia bersikeras meminta pembatasan harga harus ditetapkan lebih rendah daripada yang diusulkan oleh G7 untuk bisa memangkas kemampuan Moskow dalam membiayai invasi ke Ukraina.

Spekulasi bahwa pertemuan OPEC+ minggu ini kemungkinan mengarah kepada pemotongan produksi yang lebih rendah lagi dari yang telah disepakati sebelumnya telah memberikan harapan bagi para pembeli minyak mentah.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $78.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.53 dan kemudian $74.61. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.60 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.07 dan kemudian $81.80.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.