Bursa Eropa Berakhir Dominan Naik Setelah Pernyataan Dovish Powell

343

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa berakhir sebagian besar naik pada Kamis setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dapat dimulai pada Desember.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir naik 0,89% dan mencapai level tertinggi enam bulan. Saham-saham teknologi menguat, sementara saham-saham minyak dan gas kesulitan.

Indeks FTSE ditutup turun -0,19%. Indeks DAX berakhir naik 0,65%. Indeks CAC ditutup naik 0,23%.

Berbicara di sebuah acara Rabu, Powell mengatakan dia memperkirakan bank sentral akan berada dalam posisi untuk mengurangi ukuran kenaikan suku bunga paling cepat bulan depan. Namun, dia memperingatkan bahwa kebijakan moneter kemungkinan akan tetap terbatas untuk beberapa waktu sampai tanda-tanda nyata dari kemajuan inflasi muncul.

Pasar global juga telah didukung dalam beberapa hari terakhir oleh China yang sedikit melonggarkan tindakan penguncian Covid-19.
Di Wall Street, S&P 500 dan Nasdaq Composite keduanya naik tipis setelah data inflasi, yang diawasi ketat oleh Federal Reserve, lebih dingin dari perkiraan.

Saham perusahaan ekuitas swasta Inggris Bridgepoint Group
naik 8,4% pada sore hari untuk memimpin Stoxx 600, sementara di bagian bawah indeks, manajer kekayaan Anglo-Afrika Selatan Investec turun 7%.

Penurunan aktivitas pabrik Inggris melambat di bulan November, tetapi prospeknya semakin gelap
PMI manufaktur S&P Global/CIPS (indeks manajer pembelian) naik tipis menjadi 46,5 di bulan November dari level terendah dua setengah tahun di 46,2 di bulan Oktober, tetap jauh di bawah angka 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi.

S&P Global mengatakan permintaan yang lemah, penjualan ekspor yang menurun, harga energi yang tinggi dan kekurangan komponen semuanya sangat membebani industri.

PMI manufaktur akhir S&P Global (indeks manajer pembelian) untuk zona euro naik menjadi 47,1 pada November dari 46,4 pada Oktober, sedikit di bawah pembacaan awal 47,3 dan di bawah angka 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi.

Saham toko kelontong online Inggris Ocado naik lebih dari 8% pada awal perdagangan untuk memimpin keuntungan luas bagi perusahaan pengiriman makanan, dengan Hellofresh Jerman
juga menambahkan 6%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan biofarmasi Belgia UCB turun lebih dari 5% setelah JPMorgan memangkas harga targetnya untuk saham tersebut.

Penjualan ritel Jerman mengalami kontraksi sebesar 5% tahun-ke-tahun dan 2,8% untuk bulan Oktober, kantor statistik federal mengatakan Kamis, jauh di bawah perkiraan konsensus Reuters dari penurunan tahunan 2,8% dan penurunan bulanan 0,6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil bursa Wall Street dan data Non Farm Payrolls AS.