Rekomendasi Minyak 1 Desember 2022: Melanjutkan Kenaikan Menembus $80.00

291

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS, hari Rabu,  melanjutkan pergerakan naiknya dan diperdagangkan di sekitar $80.50 per barel.

Kenaikan harga minyak mentah WTI yang terjadi pada hari Senin pada saat harga minyak mentah WTI telah turun ke dekat $74.00 –  kerendahan selama 11 bulan, berlanjut sampai kepada perdagangan hari Rabu, dimana minyak mentah WTI mendapatkan pembelian yang kuat.

Rally harga minyak mentah WTI belakangan ini antara lain disebabkan karena adanya tekanan yang signifikan terhadap dollar AS menjelang pidato dari ketua the Fed Powell.

Sementara itu, American Petroleum Institute (API) melaporkan turunnya penumpukan stok minyak mentah WTI untuk minggu yang berakhir pada tanggal 25 November juga menguatkan harga minyak mentah. Inventori minyak mentah turun sebanyak 7,85 juta barel. Ini adalah penurunan inventori minyak mentah ketiga berturut-turut yang dilaporkan oleh API yang telah menambah dorongan terhadap pergerakan naik harga minyak mentah WTI.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Alexander Novak, telah meningkatkan kekuatiran dari sisi supply dengan mengatakan bahwa Rusia tidak akan memberikan minyaknya di bawah pembatasan harga. Hal ini juga mendorong naik harga minyak mentah WTI.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $78.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $75.53 dan kemudian $74.61. “Resistance” yang terdekat menunggu di $78.60 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.07 dan kemudian $81.80.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.