Pasar Asia-Pasifik Anjlok Pagi Ini, Jumat (02/11), China Isyaratkan Pelonggaran Pembatasan Covid

319
asian market

(Vibiznews – Index) – Pasar di Asia-Pasifik jatuh pagi ini, Jumat (02/11) sementara investor mencari kejelasan setelah China mengisyaratkan sedikit pelonggaran pembatasan Covid yang ketat.

Nikkei 225 di Jepang turun 1,48% dan Topix turun 1,6 persen.

Kospi turun 0,91% di Korea Selatan karena negara melihat indeks harga konsumen tahunan untuk November bergerak lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Di Australia, S&P/ASX 200 turun 0,67% karena gubernur Reserve Bank of Australia, Philip Lowe, dijadwalkan untuk berbicara di konferensi ulang tahun ke-80 Bank of Thailand.

Semalam di AS, Dow ditutup hampir 200 poin lebih rendah menjelang laporan pekerjaan utama.

Para ekonom memperkirakan akan melihat pertumbuhan yang lebih lambat tetapi ketahanan untuk bulan November di tengah pengumuman PHK dan pembekuan perekrutan.

Inflasi tahunan Korea Selatan untuk November mencapai 5%, lebih rendah dari perkiraan 5,1% yang disurvei dalam jajak pendapat Reuters.

Pembacaan terbaru menandai sedikit penurunan dari 5,7% di bulan Oktober dan turun dari puncak sepanjang masa sebesar 6,3% yang terlihat di bulan Juli.

S&P 500 dan Dow masing-masing memiliki kenaikan bulan kedua berturut-turut, masing-masing naik 5,38% dan 5,67%, rekor bulanan yang pertama untuk masing-masing sejak Agustus 2021.

Komposit Nasdaq naik 4,37%, yang merupakan bulan positif kedua berturut-turut.

Pertama kalinya indeks yang sarat teknologi memulai pukulan beruntun sejak melihat kemenangan tiga bulan berturut-turut yang berakhir pada Desember 2021.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning