Rekomendasi Emas 6 Desember 2022: Turun di Tengah Gelombang Naik

542

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun dalam perdagangan sesi AS hari Senin, setelah sebelumnya sempat naik dan menyentuh ketinggian 3 ½ bulan.

Emas berjangka kontrak bulan Februari turun $23.60 ke $1,773.70 per troy ons. Perak berjangka Nymex bulan Maret turun $0.025 ke $23.28 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Pasar masih menggali laporan pekerjaan AS yang dirilis pada hari Jumat minggu lalu dengan angka yang lebih kuat daripada yang diperkirakan yang mendorong pendapat Federal Reserve AS akan tetap memberlakukan kebijakan pengetatan moneter untuk beberapa waktu lamanya, dalam rangka untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi AS dan mengurangi inflasi harga yang problematik.

Hal kunci di luar pasar emas adalah sedikit melemahnya indeks dollar AS setelah menyentuh kerendahan 3 ½ bulan pada hari Jumat. Harga minyak mentah Nymex mengalami kenaikan dan diperdagangkan di sekitar $82.00 per barel. Per hari Senin, Uni Eropa dan Inggris telah membatasi masuknya pengiriman minyak mentah dari Rusia dan menetapkan $60 per barel sebagai batas atas harga minyak mentah Rusia dalam pembelian oleh perusahaan – perusahaan Uni Eropa di seluruh dunia.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,770 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,806 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,818 dan kemudian $1,825.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido