Rekomendasi Minyak 9 Desember 2022: Melanjutkan Penurunan ke $71.00

258

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Kamis, melanjutkan penurunan ke $71.65 per barel.

Harga minyak mentah WTI jatuh ke level terendah dalam hampir satu tahun meskipun berita baik dari Cina mengatakan bahwa Cina melangkah turun dari kebijakan “zero-Covid”nya. Namun, para investor dan trader ketakutan terhadap melemahnya perekonomian.

Cina mengumumkan langkah pelonggaran yang baru pada hari Rabu. Kasus positip virus corona yang asymptomatic dan symptomatic ringan akan diijinkan dikarantina di rumah dan testing PCR masal di luar rumah sakit, menggunakan rumah dan sekolah akan ditinggalkan.

Namun, menjelang Federal Reserve akan menaikkan tingkat suku bunganya lagi ketika ada pertemuan komite kebijakan minggu depan, prospek akan terjadinya resesi di AS membebani minyak mentah.

Meskipun sudah diberlakukan sanksi terhadap minyak Rusia oleh negara-negara Eropa pada permulaan minggu ini, pasar lebih fokus kepada kejatuhan ekonomi dunia di tengah kebijakan moneter yang lebih ketat dari para bank sentral utama dunia.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $71.25 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $70.47 dan kemudian $70.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.54 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.34 dan kemudian $74.63.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.