Beberapa rilis data ekonomi dari Jepang pagi ini memberikan hasil yang mixed (29/8). Meskipun demikian secara umum data menggambarkan bahwa ekonomi Jepang masih berada dalam risiko perlambatan sehingga pagi ini bursa saham Jepang cenderung bergerak melemah.

Data penting inflasi inti Jepang untuk bulan Juli mengalami kenaikan sesuai ekspektasi. Inflasi inti berada pada angka 3.3 persen. Akan tetapi apabila memasukkan dampak dari kenaikan pajak penjualan bulan April tampak inflasi masih berada di bawah target bank sentral yang sebesar 2 persen.

Inflasi inti sebesar 3.3 persen tersebut sesuai dengan proyeksi analis, sama dengan inflasi inti bulan Juni sebelumnya. Akan tetapi jika dikeluarkan dampak dari kenaikan pajak penjualan April, inflasi inti Juli hanya berada di level 1.3 persen.

Kondisi ini menggambarkan bahwa inflasi yang terjadi di bulan Juli tersebut hanya terkait dengan kenaikan pajak. Artinya kondisi ini tidak menggambarkan kenaikan daya beli maupun kemauan untuk membeli seperti yang diinginkan dalam kondisi ideal.

Inflasi yang ingin dicapai BOJ adalah inflasi underlying dan ini membutuhkan keyakinan di kalangan konsumen bahwa BOJ akan mampu menjaminkan tingkat inflasi 2 persen akan hadir dengan konsisten pada ekonomi Jepang yang telah berada dalam fase deflasi selama lebih dari 1 dekade terakhir. BOJ harus berupaya menaikkan ekspektasi inflasi dan hal tersebut jauh lebih sulit.

Beberapa data lain yang telah dirilis menunjukkan gambaran yang kurang mengesankan. Pengeluaran rumah tangga bulan Juli lalu mengalami penurunan sebesar 5.9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan ekspektasi penurunan yang hanya sebesar 3 persen.

Sementara itu data penjualan eceran menunjukkan kondisi yang cukup baik. Di bulan Juli penjualan eceran Jepang turun sebesar 0.5 persen (y/y). Kenaikan ini lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi yang berada di level 0.1 persen.

[td_block3 tag_slug=”jepang” limit=”6″ sort=”featured” custom_title=”Berita Terkait”][td_slide autoplay=”6″ category_id=”408″ limit=”5″ custom_title=”VIDEO”]