Republik Federal Jerman merupakan suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.  Negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa (penduduk terbanyak) dan kawasan Euro (ECB).

Ekonomi negara ini terbilang ekonomi negara maju yang kuat, negara ini menduduki urutan keempat dalam PDB dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009), urutan kedua negara pengekspor dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009), dan menduduki urutan kedua di dunia dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya (2008). Namun sejak krisis moneter hingga tahun 2012, pertumbuhan ekonomi negara ini cukup melaju. Namun laju pertumbuhan terhenti di kuartal pertama tahun 2012, sejak periode tersebut hingga kuartal kedua tahun ini ekonomi negeri ini mengalami 3x kontraksi. Historical Data Chart

Dan pekan ini ekonomi terpantau semakin jatuh terperosok, yang terlihat dari kinerja sektor manufaktur Jerman bertumbuh pada laju paling lambat dalam 15 bulan terakhir dan juga indeks kepercayaan bisnis Jerman  memburuk untuk bulan kelima berturut-turut pada bulan September. Kondisi makro ekonomi negara ini terkini  menambah kekhawatiran atas prospek ekonomi terbesar negara anggota zona euro ini.

[td_block3 category_id=”5″ tag_slug=”jerman” limit=”12″ custom_title=”Berita Terkait”]

KINERJA  EKONOMI  MAKRO  JERMAN  TERKINI

 

Tingkat Inflasi Jerman

Germany Inflation Rate

 

 

Tingkat Suku Bunga Acuan

Germany Interest Rate

 

 

Tingkat Pengangguran

Germany Unemployment Rate