Rekomendasi Emas 24 Juni 2022: Turun Tertekan Menguatnya USD

341

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis, tertekan oleh naiknya indeks dollar AS dan sempat turun tajamnya harga minyak mentah.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus turun $5.20 ke $1,832.60 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Juli turun $0.281 ke $21.14 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam dengan saham-saham Eropa kebanyakan turun dan saham-saham Asia kebanyakan naik. Indeks saham AS mengarah menguat pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Kelihatannya pasar bergerak dari semula fokus kepada inflasi sekarang fokus lebih kepada resesi ekonomi AS.

Banyak terjadi aksi jual pada pasar komoditi yang dipimpin oleh minyak mentah, karena keprihatinan akan turunnya permintaan pada bulan – bulan yang akan datang. Komentar dari ketua Federal Reserve Powell di depan panel Senat AS hari Rabu tidak menurunkan kekuatiran bahwa ekonomi AS akan masuk ke dalam resesi pada bulan – bulan yang akan datang. Powell mengatakan adalah tantangan bagi the Fed untuk mengusahakan pendaratan yang halus bagi ekonomi AS di tengah kebijakan moneter yang ketat dari bank sentral AS ini.

PMI manufaktur zona euro bulan Juni muncul di 52.0 dibandingkan dengan bulan Mei di 54.6. Sementara diperkirakan PMI bulan Juni berada di 53.8.

Harga minyak mentah Nymex melemah dan diperdagangkan di sekitar $105. Indeks dollar AS menguat.

“Support” terdekat menunggu di $1,824 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,815 dan kemudian $1,800.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,841 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,850 dan kemudian $1,882.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido