Rekomendasi EUR/USD 24 Juni 2022: Berhasil Naik karena Berbalik Melemahnya USD

177

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berhasil membalikkan arah, naik ke atas 1.0500 dan diperdagangkan di sekitar 1.0519 dengan berbalik melemahnya dollar AS pada jam perdagangan sesi AS.

Sentimen “risk-off” kembali datang pada hari Kamis pada jam perdagangan sesi Eropa, mendorong EUR/USD turun ke bawah 1.0500. Komentar dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Rabu membangkitkan keprihatinan akan resesi. Di dalam testimoninya di depan Kongres AS, Powell mengakui bahwa menaikkan tingkat bunga terlalu cepat mengangkat resiko resesi, meskipun demikian, ditegaskan bahwa para pembuat kebijakan pada bank sentral AS percaya kecepatan kenaikan tingkat bunga saat ini masih pantas.

Selain itu, sentimen pasar yang buruk disebabkan karena keluarnya data PMI area euro untuk bulan Juni dari S&P Global yang memberikan gambaran yang suram atas pertumbuhan ekonomi Uni Eropa yang menurun ke kerendahan selama 16 bulan yang menunjukkan pertumbuhan permintaan yang mandek. PMI manufaktur area euro terkontraksi ke 52 sementara indek jasa menciut ke 52.8 dari sebelumnya 56.1 pada bulan Mei.

Gambaran yang kurang lebih sama juga terlihat pada data PMI Jerman, dengan ekonomi Jerman kehilangan momentum pada akhir dari kuartal kedua. PMI Manufaktur Jerman muncul di 52 sementara indek jasa muncul di 52.4.

Sementara itu, komentar dari ketua Federal Reserve Powell di depan panel Senat AS hari Kamis tidak menurunkan kekuatiran bahwa ekonomi AS akan masuk ke dalam resesi pada bulan – bulan yang akan datang. Powell mengatakan adalah tantangan bagi the Fed untuk mengusahakan pendaratan yang halus bagi ekonomi AS di tengah kebijakan moneter yang ketat dari bank sentral AS ini.

“Support” terdekat menunggu di 1.0480  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0430 dan kemudian 1.0380. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0555 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0600 dan kemudian 1.0640.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.