Rekomendasi GBP/USD 24 Juni 2022: Berhasil Naik karena Data PMI Inggris

122

(Vibiznews – Forex) GBP/USD berhasil pulih dari kerendahan harian di 1.2170 dan stabil di atas 1.2200 di sekitar 1.2253 setelah keluarnya data PMI Inggris.

Sebelumnya GBP/USD sempat turun tajam pada awal perdagangan sesi Eropa. Namun keluarnya data PMI Inggris yang bagus berhasil membalikkan arah GBP/USD.

Data PMI Inggris yang dipublikasikan oleh S&P Global pada hari Kamis menunjukkan bahwa aktifitas bisnis Inggris di sektor manufaktur dan jasa pada awal Juni terus berkembang dengan kecepatan yang relatif sehat. Meskipun Poundsterling Inggris berhasil menghapus sebagian dari kerugian hariannya setelah keluarnya data PMI, GBP/USD mengalami kesulitan untuk melanjutkan momentum bullish-nya.

Chris Williamson, Chief Business Economist di S&P Global Market Intelligence, mengatakan bahwa ekonomi Inggris sepertinya mulai berkurang kekuatan larinya. Pertumbuhan bisnis saat ini didukung lebih banyak oleh order yang dibuat pada bulan-bulan sebelumnya, sementara laporan perusahaan saat ini mendekati mandek di dalam permintaannya.

Sementara itu, komentar dari ketua Federal Reserve Powell di depan panel Senat AS hari Rabu tidak menurunkan kekuatiran bahwa ekonomi AS akan masuk ke dalam resesi pada bulan – bulan yang akan datang. Powell mengatakan adalah tantangan bagi the Fed untuk mengusahakan pendaratan yang halus bagi ekonomi AS di tengah kebijakan moneter yang ketat dari bank sentral AS ini.

“Support” terdekat menunggu di 1.2200 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2120 dan kemudian 1.2100. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2280 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2300 dan kemudian 1.2370.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido