Negara Penggerak Ekonomi Dunia Tahun 2015

outlookdunia

Selama tahun 2014 ini hingga tahun 2015 mendatang, perekonomian dunia diprediksi akan berekspansi secara moderat khususnya beberapa negara maju dan juga emerging market. Perlambatan ekonomi secara global ini dipengaruhi beberapa sentimen secara global dan juga dari domestik negara itu sendiri. Sentimen global yang mempengaruhi pergerakan ekonomi tahun 2015 selain kebijakan ekonomi negara AS yang semakin mengokohkan diri sebagai negara ekonomi terbesar, perlambatan ekonomi kawasan Eropa dan juga harga minyak mentah dunia.

Sebagian besar pergerakan ekonomi negara global akan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi Amerika Serikat dan juga kebijakan ekonomi yang akan diterbitkan oleh bank sentral negara ekonomi terbesar dunia tersebut. Di tahun 2014 negara ini berhasil keluar dari ancaman resesi pasca buruknya iklim negara tersebut di awal tahun dan hingga akhir tahun ini kondisi negara ini semakin kuat dibandingkan negara-negara lainnya.

Yang menjadi perhatian utama berikutnya yaitu negara-negara kawasan Eropa yang masih belum menunjukkan pemulihan ekonomi yang signifikan. Hal tersebut terlihat dari negara ekonomi besar kawasan tersebut seperti  Jerman, Perancis, Inggis, spanyol dan Italia. Sepanjang tahun 2014 saja negara besar kawasan ini nyaris alami deflasi, Italia yang pertumbuhan PDB nya sudah terpukul resesi masih belum bangkit, belum lagi pulih muncul dipermukaan negara Jerman dan Perancis yang juga mendapat ujian besar. Harapan pemulihan ekonomni kawasan ini sangat dinantikan kebijakan bank sentral Euro untuk memberikan stimulusnya.

Pukulan keras juga terjadi pada pertumbuhan ekonomi kawasan Asia khususnya bagi negara-negara ekonomi besar kawasan ini seperti Tiongkok dan Jepang. Pukulan terhadap ekonomi kedua negara ini mengakibatkan banyak pukulan secara global khususnya pergerakan harga komoditas global. Pemerintah Tiongkok segera bertindak atasi kondisi perekonomiannya apalagi pasar propertinya yang terus jadi momok, namun usaha yang dilakukan hingga akhir tahun 2014 masih belum menunjukkan perubahan.

Demikian halnya dengan perekonomian Jepang yang mengejutkan dunia pada pertengahan tahun ini, saat menaikkan pajak penjualan yang diresponi negatif dari hampir semua sektor perekonomian negara itu.  Berikut  diulas bagaimana outlook ekonomi  4 negara maju di dunia versi Bank Dunia, serta negara lain yang diperkirakan akan menjadi fokus penggerak perekonomian dunia, dan dampak negara-negara tersebut bagi perekonomian global:

1. Amerika Serikat

 

2. Tiongkok

 

3. Jepang

 

4. Jerman

 

5. Arab Saudi

 

VIDEO TERKAIT